Pengertian dan Cara Kerja Mail Server Serta Contoh


E-mail merupakan layanan paling popular. E-mail membutuhkan beberapa aplikasi dan layanan layanan. 2 contoh Application layer protocols adalah Post Office Protocol (POP) dan Simple Mail Transfer Protocol (SMTP).

Pada saat seseorang membuat sebuah pesan e-mail, maka menggunakan sebuah aplikasi yaitu Mail User Agent (MUA), atau e-mail client. MUA mengizinkan pesan untuk dikirim dan menempatkan pesan yang diterima kedalam mailbox client.

Untuk menerima pesan e-mail dari sebuah e-mail server, e-mail client menggunakan POP. Pengiriman e-mail dari client atau server menggunakan pesan dengan format dan perintah string ditentukan oleh SMTP protocol. 


E-Mail Server Processes

Email server menjalankan 2 buah proses terpisah :
1.    Mail Transfer Agent (MTA) 
2.    Mail Delivery Agent (MDA) 

Mail Transfer Agent (MTA) digunakan untuk forward e-mail. MTA menerima sebuah pesan dari MUA atau dari MTA yang lain pada email server yang lain. Berdasarkan pada header pesan, dapat ditentukan bagaimana sebuah pesan harus di forward untuk mencapai tujuannya. Jika mail dialamatkan ke sebuah user dimana mailboxnya pada server local, maka mail tersebut akan dikirimkan ke Mail Delivery Agent (MDA), jika mail untuk user diluar server local, maka MTA me route e-mail ke MTA pada server yang ditentukan.

E-mail server -- MTA


E-mail server -- MDA


Mail Delivery Agent (MDA) menerima sebuah potongan e-mail dari sebuah Mail Transfer Agent (MTA) dan langsung mengirimkannya. MDA menerima semua inbound mail dari MTA dan menempatkannya ke users' mailboxes yang cocok. MDA dapat juga menyelesaikan final delivery issues, seperti virus scanning, spam filtering, dan return-receipt handling. Sebagian besar komunikasi e-mail menggunakan aplikasi MUA, MTA, dan MDA.


E-mail menggunakan protocol POP dan SMTP.

POP dan POP3 (Post Office Protocol, version 3) merupakan inbound mail delivery protocols dan berjenis client/server protocols. POP dan POP3 mengirim e-mail dari e-mail server ke client (MUA). MDA mendengarkan pada saat client terhubung ke sebuah server. Pada saat koneksi tercipta, maka server dapat mengirimkan e-mail ke client.

Simple Mail Transfer Protocol (SMTP), mengatur transfer outbound e-mail dari sending client ke e-
mail server (MDA), begitu juga dengan transport e-mail antara e-mail servers (MTA). SMTP mengizinkan e-mail untuk dibawa melalui data networks antara jenis server yang berbeda dan client software dan memungkinkan perubahan e-mail pada internet.

SMTP protocol message format menggunakan serangkaian perintah dan jawaban standar. Perintah ini mendukung prosedur yang digunakan dalam SMTP, seperti session initiation, mail transaction, forwarding mail, verifying mailbox names, expanding mailing lists, dan the opening dan closing exchanges.

Beberapa SMTP protocol :
  • HELO - identifies the SMTP client process to the SMTP server process
  • EHLO - Is a newer version of HELO, which includes services extensions
  • MAIL FROM - Identifies the sender
  • RCPT TO - Identifies the recipient
  • DATA - Identifies the body of the message

Comments

Popular Posts